6 Oktober 2012

CICAK TERBANG

Baru-baru ini saya menemukan binatang yang mungkin sudah langka. Hal ini dikarenakan kita jarang sekali melihat species reptile ini. Hewan tersebut adalah 'Cikeber' atau Cicak Terbang (Flying Dragon). Tapi sayang saya menemukannya sudah dalam kondisi mati karena sebelumnya telah diterkam oleh seekor kucing. Saya juga heran kenapa hewan tersebut bisa ada dipekarangan rumah saya. Mungkin karena pekarangan belakang rumah saya banyak daun-daun kering yang biasanya disukai oleh jenis-jenis reptile berukuran kecil seperti kadal atau bunglon. Cicak terbang adalah sejenis kadal atau tokek yang pandai melompat dari satu dahan ke dahan pohon lainnya dengan menggunakan sayap (seperti sirip yang menyatu dengan kulit tubuhnya). Bentuk tubuhnya memang unik dengan warna pucat kecoklatan khas reptile. Hewan tersebut merupakan species yang hidup di daerah tropis seperti Asia tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar