15 Januari 2013

NIKMATNYA BUAH NANGKA

Senang rasanya bila memetik buah nangka yang sudah masak. Ini yang biasa saya lakukan bila pohon nangka dibelakang rumah sedang berbuah. Setiap kali berbuah jumlahnya banyak sekali sampai-sampai kami sekeluarga tidak sanggup memakannya karena terlalu banyak yang matang untuk sekali petik. Untuk itu kami biasanya membagi-bagikan ke para tetanggga dan mereka senang karena nangka matang termasuk buah yang jarang dibeli sebab mahal harganya. Nah, Saat ini saya baru saja memetik buah nangka yang ukurannya cukup besar walaupun tidak sebesar nangka terbesar yang pernah ada. Mungkin karena curah hujan yang terlalu sering sehingga pertumbuhan buahnya menjadi luar biasa. Ada juga beberapa buah yang bentuknya tidak beraturan akibat cuaca yang terlalu ekstrim tersebut. saya senang sebab baru kali ini saya mendapatkannya dari pohon saya sendiri. Dalam keadaan matang saya langsung mengupasnya karena lewat sehari saja kualitas daging buahnya menjadi tidak bagus lagi. Setelah saya hitung isi buahnya mungkin hampir 100 biji. Tidak lupa pula, buah ranum berukuran lumayan itu langsung saya abadikan sebagai kenangan. Selain enak rasanya, buah nangka banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengandung vitamin A dan C serta gula alami. Juga berkhasiat memperlancar pergerakan usus dalam sistem pencernaan kita. Karena daging buah nangka termasuk dalam golongan zat berserat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar