28 November 2015

TIPS CARA MENGATASI KRAN MAMPET

   Problem ini sangat mengganggu aktifitas kita di rumah karena berhubungan dengan ketersediaan air bersih. Air yang tadinya lancar menjadi macet karena tersumbat oleh kotoran, yang biasanya berupa tanah, lumut atau material mix yang menumpuk di sambungan pipa sehingga menghalangi jalannya air menuju kran. Mungkin banyak cara yang dilakukan untuk bisa menyedot atau menarik kotoran yang menyumbat tersebut.
   Jika segala upaya sudah dilakukan dan belum berhasil juga, dapat dipastikan akhirnya kita terpaksa membongkar atau membobok pipa yang berada di dalam tembok atau dibawah lantai agar segera mengetahui sumber dan titik sumbatan. Ini tentunya memerlukan biaya untuk pengerjaannya. Ada baiknya sebelum membongkar pipa didalam tembok, kita bisa mencoba cara seperti yang sudah saya lakukan dan terbukti berhasil.
   Siapkan pompa angin untuk ban sepeda atau jika tidak punya, segeralah membelinya atau pinjam dari tetangga. Gunakan selang seukuran pipa dan mulut pompa. Jika sudah siap, masukkan selang yang sudah terhubung dengan pompa tersebut ke dalam lubang kran air yang sudah dicopot terlebih dahulu. Kemudian pompalah dengan sekuat tenaga aliran pipa yang menyumbat, tapi bukalah juga kran air yang terletak di ujung aliran. Dengan adanya tekanan angin yang kuat dari pompa, maka kotoran akan terdorong dengan cepat hingga terlempar keluar dengan sendirinya.
   Cara ini cukup efektif dan ampuh sehingga saya mendapatkan hasil yang memuaskan. Kini aliran air dirumah saya sudah lancar dan saya tidak perlu mengeluarkan uang untuk memanggil tukang ledeng demi mengatasi hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar