4 September 2016

PATUNG BUDDHA TIDUR


DI VIHARA BUDDHA DHARMA & 8 PHO SAT

   Rupanya banyak yang belum mengetahui bahwa kabupaten Bogor memiliki sebuah vihara unik yang beberapa bulan belakangan ini mulai dikenal melalui media sosial. Vihara tersebut bernama VIHARA BUDDHA DHARMA & 8 PHO SAT. Keunikkan vihara itu adalah mempunyai satu buah patung berbentuk Buddha bermeditasi dalam posisi seperti sedang tidur, berukuran sangat besar hingga disebut patung Buddha Tidur.
   Patung Buddha Tidur dibuat pada tahun 2012 dan terletak di pedalaman pemukiman penduduk desa Kampung Jati, kelurahan Tonjong, kecamatan Tajur Halang, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi, kita harus menyusuri jalan yang lumayan jauh sekitar 2 Km setelah masuk kawasan Tonjong arah Tajur Halang. Tidak heran jika kita akan mengalami perjalanan yang tidak mulus, karena mulai dari pintu masuk arah Tajur Halang, kondisi jalan dapat dikategorikan sangat rusak apalagi di saat musim hujan akan semakin parah. Tapi ketika sesampainya di lokasi, kepenatan akan problema jalan, akan segera hilang karena anda akan terkagum-kagum dengan penampakkan patung Buddha Tidur yang keberadaannya jauh dari keramaian dan suasana hiruk pikuk kesibukkan masyarakat disekitarnya. Namun jangan khawatir, karena sesampainya di lokasi anda dapat beristirahat di sebuah kedai yang menyediakan makanan dan minuman bernama "Kopi Tiam '89". Menu spesial kedai tersebut adalah aneka macam kopi, nasi goreng kunyit dan tahu Yun-yi. Sepertinya hanya itu satu-satunya kedai makanan lengkap yang selalu buka dan berada persis di depan pintu gerbang vihara.
   Jika anda berminat untuk berkunjung, dari Jakarta anda bisa menggunakan transportasi Commuter Line dan turun di stasiun Bojong Gede. Dari situ anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot No.117 jurusan Tonjong atau menggunakan ojek langsung dari stasiun kereta api atau menyambung dari Tonjong ke lokasi setelah melewati jalan raya Parung Bogor. Sebaliknya jika anda dari arah kota Bogor, anda bisa langsung melalui jalan raya Parung, kemudian berhenti dan menyeberang jalan ke arah persimpangan Tajur Halang dan Kali Suren yang berjarak sekitar setengah kilometer setelah perumahan Billabong. Di persimpangan tersebut akan terlihat dengan jelas penunjuk lokasi vihara dengan tulisan berwarna merah. Konon patung Buddha Tidur tersebut adalah yang terbesar dari sekian banyak patung sejenis yang ada di Indonesia saat ini.
   Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat dibuka untuk umum terutama pada hari libur Sabtu dan Minggu sampai jam 22.00 malam. Kehadiran vihara ini tentunya akan semakin menambah perbendaharaan destinasi wisata khususnya bagi wilayah Bogor dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar