7 Juli 2012

MENGHEMAT PENGGUNAAN AIR

Air sebagai sumber kehidupan merupakan zat yang sangat diperlukan bagi manusia, karena itu keberadaannya merupakan hal penting yang selalu dinantikan ketersediannya oleh masyarakat baik diperkotaan maupun di pedesaan. Berbicara mengenai air bersih, saya akan memberikan tips mengenai bagaimana cara berhemat dalam penggunaan air sehari-hari terutama bagi masyarakat yang mendapat suplai air dari perusahaan pengelola air bersih. Ini penting karena tentunya akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi para pengguna dalam hal biaya pemakaian setiap bulannya.

Berikut beberapa saran dari saya :
  • Gunakan air sesuai kebutuhan terutama disaat musim kemarau.
  • Segera menutup kran air bila media penampung sudah penuh.
  • Buka pemutar kran air sedikit saja untuk meminimalisir jumlah air yang terbuang jika kita lupa menutupnya kembali apabila media penampung sudah penuh.
  • Penggunaan alat penyaring air tertentu dapat mengurangi suara gemericik ke dalam bak sehingga hampir tidak terdengar oleh pengguna jika kran air tersebut masih mengalir. Tapi disarankan untuk tetap menggunakan alat penyaring karena bermanfaat bagi kesehatan.
  • Dalam hal aktivitas mandi lebih baik mengganti penggunaan gayung dengan shower karena terbukti dapat mengurangi biaya rekening air kita dan tentunya hal ini juga tergantung dari kebiasaan atau kenyamanan pengguna air dalam melakukan aktivitas tersebut sehari-hari.
  • Bagi yang memiliki ukuran kamar mandi yang besar biasanya juga memiliki bak mandi yang besar. Hal ini tentu mempengaruhi besarnya debit air yang harus dikeluarkan setiap hari. Jadi usahakan buatlah ukuran bak mandi sedang saja atau secukupnya. 
  • Jangan buang air bilasan terakhir sehabis mencuci pakaian. Air bilasan terakhir tersebut dapat digunakan untuk rutinitas menyiram tanaman dan halaman luar rumah kita disaat musim kemarau.

Demikian tips dari saya seputar berhemat air
Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar