27 September 2012

CIREMAI YANG MEMPESONA

      Mendaki gunung memang menyenangkan terutama bagi yang mencintai kegiatan outdoor tersebut, apalagi yang mempunyai banyak waktu luang sehingga bisa menyalurkan hobi tersebut sesuka hati. Saya jadi teringat pengalaman waktu kuliah dahulu bersama teman-teman. Ketika itu mereka mengajak saya dan beberapa teman lainnya untuk melakukan pendakian ke gunung Ciremei. Saya memutuskan langsung ikut karena saya yakin akan aman dan menyenangkan karena teman yang mengajak saya mengaku sudah sering ke gunung itu. Sebelumnya saya tidak tahu bahwa ternyata gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat (3,100m). Suatu pengalaman mendaki yang sangat berkesan karena bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit langsung dari puncaknya. Benar-benar menakjubkan ketika kita berdiri diatas hamparan awan sambil menikmati indahnya lembayung cakrawala di pagi buta. 
      Pendakian ke gunung Ciremai benar-benar melelehkan dan berat karena kaki dan tangan kita aktif bekerja di hampir setiap jalurnya yang curam. Salah satu trik yang diajarkan oleh teman saya sehingga saya dapat bertahan dan tidak menyerah adalah: tetap berdiri tegak, jangan jongkok apalagi duduk setiap kita memutuskan untuk berhenti beristirahat. Kita boleh duduk atau merebahkan badan sekalipun hanya ketika kita sampai disetiap pos-pos pendakian saja. Trik ini benar-benar ampuh. kondisi badan saya tetap segar, malah saya seperti ada tenaga ekstra untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. 
      Gunung Ciremai dapat didaki melalui jalur Linggar Jati, Cirebon Jawa barat. Waktu itu persiapan kami sangat matang sampai-sampai setiap orang harus membawa satu jerigen berisi 5 liter air minum. Hal ini dikarenakan tidak ada mata air yang akan kita jumpai mulai dari kaki gunung sampai puncak gunung Ciremai. Jadi kita juga mesti beririt-irit dengan air yang kita minum hingga cukup untuk paket perjalanan naik dan turun. Suhu udara disekitar puncak Ciremai sangat dingin di malam hari, mungkin hampir nol derajat Celsius. Jari-jari tangan bisa beku jika tidak menggunakan sarung tangan atau membuat perapian untuk menghangatkan badan. Kita juga akan menjumpai keindahan hutan pinus, burung berwarna warni dan hamparan bunga Edelweisse.
      Kalau kita sudah berada di atas puncak gunung Ciremai di Jawa Barat, konon kita bisa melihat dua puncak gunung tinggi lainnya di pulau Jawa sekaligus dalam satu garis lurus, yaitu gunung Lawu di Jawa Tengah dan gunung Semeru di Jawa Timur. Fenomena itu bisa nampak hanya disaat yang sangat langkah saja, dimana langit diatas pulau Jawa harus dalam keadaan cerah secerah-cerahnya. Makanya hanya orang yang beruntung saja yang pernah menyaksikan apalagi mengabadikan pemandangan spektakuler tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar