10 September 2012

SALJU KAPUK DI KEBUN RAYA BOGOR

Kebun Raya Bogor adalah aset negara yang tak ternilai harganya. Ada satu hal yang menarik ketika saya melewati salah satu sudut jalan kota Bogor, dimana saya menjumpai pohon besar yang penuh dengan bunga-bunganya yang putih nan indah. Ketika saya amati sekaligus bertanya lebih jauh, ternyata itu adalah pohon Kapuk yang ditanam ratusan tahun yang lalu oleh sang arsitektur hutan kota yaitu Gubernur Jenderal Raffles dari Inggris. Tapi sayang, saya tidak sempat mengabadikannya melalui kamera yang saya bawa karena mobil yang saya kendarai sedang melaju dengan kencang. Rupanya pohon kapuk tersebut juga banyak ditanam di dalam Kebun Raya Bogor, sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang melihatnya di sekitar bulan Agustus. Tanah air kita dengan musim kemaraunya yang panjang terasa dihibur dengan munculnya salju yang tercipta dari kapuk yang berterbangan jatuh ke tanah menutupi salah satu sudut halaman Kebun Raya Bogor. Suatu pemandangan yang sangat indah seperti berada di Eropa. Raffles memang jenius. Ia berusaha memindahkan suasana iklim dingin Eropa ke Indonesia, khususnya kota bogor. Dan ia berhasil mewujudkannya walaupun cuma salju buatan alami dari pohon kapuk. Usahanya yang membuahkan hasil itu patut dikenang sepanjang masa, karena udara dingin serta keteduhan yang juga dirasakan oleh penduduk kota Bogor sepanjang tahun adalah sebagai dampak dari keberadaan hutan kotanya (Kebun Raya Bogor) sehingga dengan mudah memancing turunnya hujan. Itulah sebabnya mengapa kota Bogor dinobatkan dengan predikat KOTA HUJAN di Indonesia.


Photo oleh: Amalia Gina P, Ariwahjoedi & Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar