17 Januari 2014

BELALANG DAUN

Baru-baru ini di halaman rumah saya yang baru, saya menemukan jenis belalang yang mungkin sudah sulit lagi ditemukan. Biasanya jenis belalang yang bentuk tubuhnya menyerupai daun ini hidup di lokasi yang masih asli dimana banyak ditemukan semak belukar, rumput liar dan pohon buah-buahan alami. Kebetulan juga tempat tinggal saya terletak di daerah pinggiran Jakarta. Dahulu di halaman belakang rumah saya yang lama saya juga pernah melihatnya hinggap di pohon jambu kelutuk. Kini pun demikian di depan rumah baru, saya juga menanam pohon jambu kelutuk yang sama. Mungkin saja jenis belalang ini menyukai daun jambu kelutuk sebagai salah satu sumber bahan makanannya. Semoga saja Belalang tersebut tidak cepat punah mengingat ekosistemnya sudah mulai terancam dengan adanya proyek-proyek pembangunan lahan ditempat mereka hidup dan berkembang biak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar